Keutamaan Surat Al-Waqi’ah

Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Wâqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” .” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com
http://syamsuri149.multiply.com

39 Responses

  1. […] Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203). Lebih lengkap silahkan klik disini […]

  2. Salam,
    Terima kasih info-infonya ustadz…Benar-benar bagus infonya…
    Allahuma shali ala Muhammadin wa ali Muhammad…Salam selalu tercurah untuk 14 manusia suciku…

  3. ijin kopi paste ustadz semoga bermanfaat buat banyak orang.

  4. Silahkan, sy senang sekali jika Antum juga menyebarkannya. smg bermanfaat bagi sdr2 kita yg membutuhkannya.

  5. syukran…syukran…ustaz….semoga allah melimpahkan rahmat dan keselamatan….dan di masukkan ke dalam syurga allah…semoga memberi manfaat kepada semua golongan muslimin dan mukminin

  6. Jazakallah ustdz semoga apa yang telah di sampaikan ini menjadi sumber kekuatan dalam mengamalkanya.

  7. Subhanallah,
    Ibu saya menyuruh untuk banyak2 membaca surat Waqi’ah, ternyata banyak manfaat yang saya rasakan (Alhamdulillah)

  8. assalamulaikum ustd,
    saya sudah “hapal” dengan surat ini, selama ini tiap malam saya membacanya….. tp kenapa keuangan saya terasa susah terus ya….ditambah lagi banyak hutang….
    tolong solusinya ustd….
    terimakasih.

  9. Ass, amalan dan doa merupakan salah satu bagian dari ikhtiar kita untuk mendapatkan rizki. Tentu amalan dan doa punya penghalang2 internal dan eksternal. Yg eksternal penghalang utamanya adalah sistem dan penguasa zalim. Karena itu Islam datang untuk menghilangkan penghalang2 itu, internal dan eksternal. Penghalang2 yg internal, Antum lebih memahaminya.

  10. asslmlkm.
    saya sudah membaca kontinu selama 5 thun terakhir dan saya seperti merasa tentram..
    wktu bibi saya mau meninggal pun dia menyuruh saya untuk membacanya dan alhamdulillah saya sudah hafal karena sering saya baca,

    wasslamlkm

  11. Subhanalloh, saya sudah merasakan hikmahnya bila rutin membacanya. Saya juga selalu menganjurkan anak2 saya tuk membacanya. Semoga semakin byk org yg membaca dan mengamalkan surat waqiah, maka semoga semakin damai kehidupan ini.

  12. saya sering membaca ataupun mendengar hadits tentang keutamaan membaca surat al mulk, yaa sin dan al waqiah.. kadang2 sambil menyemak artinya saya bertanya2 apa ada secara ilmiah dari ayat2 surat tersebut yang istiqomah bisa menyelamatkan kita?? apakah ayat2 alqur’an sebatas mantra2 yang harus kita baca tiap malam/ subuh lantas bisa otomatis menyelamatkan kita tanpa kita harus melaksanakan perintah/kandungan yang ada d dalamnya??
    Apa ada bagian khusus d dalamnya (tafsirnya) sehingga 3 surat ini seolah mendapat tempat khusus d hadits nabi untuk umatnya..

    mohon pencerahan

    Wasslam wr.wb

    Wiwid

    • Assalamualaikum W.r.Wb. Seluruh ayat dalam Al qur’an adalah mu’zizat. akan tetapi menurut hadis memang ada anjuran untuk sering membaca surat dan ayat-ayat tertentu dalam Al Qur’an. ( Baca buku perjalanan menuju taman surga. karangan Imam nawawi )

  13. subhanalloh…….dari dulu saya sangat menyukai surat al waqiah,meskipun saya tidak tahu pasti keutamaannya apa,saya selalu mendengarkan surat al waqiah sebelum saya tidur lewat hp saya,alhamdulillah sedikit hafal.semoga ini menjadi kebaikan yang memberatkan timbangan kebaikan saya kelak di akhirat.skrang setelah saya tahu keutamannya apa,semoga saya semakin istiqomah untuk mengamalkannya.amien jazakumullah.

  14. Makasih !!

  15. assalamualaikum Wr. Wb

    pak ustad tolong kalau di ijinkan bacaan surat al-waqi’ah di tuliskan latinnya…saya kurang lancar baca al quran

    mks

  16. pak saya izin tuk copy paste

  17. Klo ada yang keterbatasan membaca surat Al-waqi’ah saya Khusus menerjemahkannya ke dalam latin semoga Bisa membantu yang tidak bisa membaca / yang mw menghafalkannya ! Kunjungi saya :Omyangjimbe.blogspot.com dan alhamdullillah saya juga senang sekali mengamalkannya Semoga kita dipertemukan oleh allah di yaumil Ma’sar sebagai orang yang beruntung Amin ya robbalalamin

  18. Ass wr wb… Ustad…, saya ijin ingin mengcopy surah waqiah . semoga bermanfaat buat saya keluarga dan orang-orang yang selalu mengamalkan, Amin Ya Rabbal ‘alamin ..Jazakumullah

  19. Ass……thanks ya …pa’ mhn ijin mo copy moga Ar rahman membalas kebaikan pa’ ustaz. was

  20. mohon ijin mengcopy paste.

  21. ustad doakan ana bisa menghafal dan mengamalkannya ya…

  22. alhamdulillah…
    berkat saya sering membaca al-waqi’ah hidup saya merasa tentram dan damai..
    .akibat sering banyak membacanya alhadulillah saya lumayan hafal..
    .

  23. mua tnya ne..klo mau amalin surat waqi’ah itu ada cara2 khusus g?

  24. Terima kasih ilmunya.

  25. Subhanallah…..

  26. Assalamu’alaikum ustad,
    Alhamdulillah saya udah hafal surah Al-Waqiah..
    Karena dari dulu mama saya sllu suruh saya buat baca surah Al-Waqiah, trnyata sungguh besar keutamaan surah ini..
    wassalam

  27. Huwallohurrozaku zul qowiyyul matin

  28. izin share pak, makasih

  29. banyaknya hal-hal yang tersembunyi dibalik surah Al-Waqi’ah….subbanallah

  30. Alhamdulillah saya hafal Surat Al Waqiah. Klo tahu keutamaannya sungguh kita tak bakal lalai membaca setiap hari. Bagi yg sulit menghafal berniatlah dengan sungguh-sungguh. Menghafal dengan 5 ayat sampai hafal, dilanjut dgn 5 ayat berikutnya dst, dst. Bersegeralah mulai mangamalkan dari sekarang. Selamat mengamalkan smg diridhai Nya. Amin.

  31. surat waqiah memang luar biasa !!!!!

    saran saya buat temen-temen yang gak bisa baca tulisan arab terus mau
    menghapal lewat tulisan latin, sebaiknya diikuti dengan mendengarkan
    ucapan lafalnya dari audio. diharapkan kita tidak salah dalam
    melafalkannya….

    pray hard – work hard – play hard

Leave a comment