Marhaban Yâ Rajab Al-Mubârak: Duhai saudara2Ku yang sedang menderita

01 Bulan Rajab 1429 segera tiba bersama tenggelamnya matahari 04 Juli 2008. Di dalamnya banyak amalan dan doa yang mulia. Ritual pun menyertainya. Bagi yang sedang menderita kesulitan, yang punya hajat besar, dunia atau akhirat, seperti hajat dan penderitaan Ummu Dawud untuk menyelamatkan puteranya Dawud dari hukuman gantung penguasa zalim saat itu. Maka sebaiknya sejak awal kita melakukan persiapan dan pengkondisian diri untuk memasuki acara puncak. Kita lepaskan segala kepenatan jiwa, keraguan pikiran dan hati, dengan kesejukan amalan dan doa bulan Rajab.

Kesedihan panjang yang diderita oleh Ummu Dawud, akhirnya ia berkunjung ke rumah Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa), minta amalan dan doa untuk melepaskan penderitaan dan kesedihannya yang berkepanjangan. Lalu beliau mengajarkan amalan dan doa. Yaitu doa Istiftah, doa pembuka segala keajaiban, pembuka semua pintu istijabah. Sehingga doa ini dikenal dengan Doa Ummu Dawud, doa yang diajarkan oleh Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) kepada Ibunda Dawud.

Doa ini sangat bermanfaat bagi yang sedang menderita, akibat penzaliman dan penindasan, atau penderitaan keluarga dan ekonomi, dan lainnya. Kondisikan diri dan hati kita seperti yang dirasakan oleh Ummu Dawud, lalu amalkan amalan dan doa sebagaimana yang diajarkan kepada Ummu Dawud berikut syarat-syaratnya. Antara lain pada puncaknya 15 Rajab saat mahatari tergelincir sudah berada di tempat yang sunyi, bersih dan suci, pakaian yang harum, dan tidak berbicara dg siapapun (puasa bicara) kecuali hanya melakukan amalan utama.

Dengan doa Ummu Dawud, kita hadirkan para malaikat muqarrabin, ruh-ruh suci para nabi dan rasul serta para wali, teristimewa ruh suci Rasulullah saw dan Ahlul baitnya (sa), sebagai penolong dan saudara-saudara kita untuk menyampaikan pengaduan dan hajat kita kepada Allah swt.

Itulah saat-saat puncak kita bersama para malaikat muqarrabin dan ruh-ruh suci di sisi Allah Azza wa Jalla, saat dan kondisi yang paling tepat untuk mengadukan segala penderitaan dan kesedihan, menyampaikan hajat dan keperluan kita dunia dan akhirat.

Duhai saudara-saudaraku yang sedang menderita dan berduka! Bergabunglah bersama nuansa kepedihan dan penderitaan Ibunda Dawud. Hindari suasana kepongahan dan kesombongan, kemewahan dan keangkuhan, karena kondisi ini paling dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya, Ahlul bait dan para kekasih-Nya.

Dari awal mari kita persiapkan diri kita, kondisikan pikiran dan hati kita, untuk menghadirkan ruh-ruh suci pada tanggal 15 Rajab 1429 H. Insya Allah, Allah Azza wa Jalla akan mendengar suara rintihan hati kita, mengijabah doa dan permohonan kita. Ruh-ruh suci akan membantu kita, teristimewa ruh suci Rasulullah saw dan Ahlul bait (sa). Untuk itu mari kita persiapkan diri kita, kondisikan hati kita dari awal memasuki bulan Rajab yang mulia dan penuh berkah.

Amalan dan doa bulan Rajab secara detail, berikut kisah keajaiban doa Ummu Dawud, klik di sni:
http://islampraktis.wordpress.com

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com
https://tafsirtematis.wordpress.com
http://syamsuri149.multiply.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: